Pemkot Komitmen Untuk Turunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB)

Sasaran pembangunan jangka menengah 2020-2024 adalah mewujudkan masyarakat indonesia yang mandiri, maju, adil dan makmur melalui percepatan pembangunan di berbagai bidang dengan menekankan terbangunnya struktur perekonomian yang kokoh.

Tatanan masyarakat Indonesia yang mandiri, maju, adil dan makmur khususnya dalam bidang kesehatan ditandai dengan beberapa hal, salah satu contoh adalah terjaminnya keamanan kesehatan melalui kemampuan dalam melakukan pencegahan deteksi dan respon terhadap ancaman kesehatan global.

Secara umum pembangunan kesehatan di Kota Gorontalo telah meningkatkan status kesehatan, umur harapan hidup masyarakat Kota Gorontalo tahun 2020 telah mencapai 72,5 tahun, lebih tinggi di banding umur harapan hidup secara nasional yang mencapai 71,5 tahun.

"Dalam meningkatkan derajat kesehatan yang diharapkan, perlu melakukan suatu pertemuan lintas sektor yang merupakan awal dalam melaksanakan perencanaan pembinaan secara terpadu dimasyarakat dengan mengedepankan skala prioritas " ujar Walikota Gorontalo saat membuka Rapat Koordinasi Teknis Bidang Kesehatan dirangkaikan dengan Perencanaan serta Evaluasi Program dan Keuangan Tahun 2021, Jumat 10/09/2021 di Kota Manado.

Walikota Marten Taha mengungkapkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal perlu adanya saling pengertian dan keterbukaan diantara komponen terkait didalamnya.

"Untuk menggalang kerjasama lintas sektoral terutama dalam membina peran serta masyarakat diperlukan peran antar sektor yang bersangkutan untuk merumuskan kerjasama dalam pelaksanaan pembinaan nanti, " ungkapnya.

Lebih lanjut Marten meminta agar seluruh elemen di bidang kesehatan untuk dapat bersama-sama melalui satu persepsi, komitmen dan langkah nyata yang terkoordinir dalam menurunkan AKI dan AKB serta pencegahan stunting.

Meningkatkan pengendalian penyakit baik menular maupun tidak menular serta penguatan health security dalam masa pandemi.

"Mari kita meningkatkan kerjasama lintas sektor dalam rangka penguatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS)" pungkasnya. (K2)

©Copyright 2020 Portal Informasi Kota Gorontalo.