Pemkot Gorontalo Termasuk 20 Daerah Terbaik Nasional Kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu

Sebuah pencapaian berhasil kembali didapatkan Pemerintah Kota Gorontalo dari Menteri Investasi/ Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia. Hal ini berdasarkan Surat Keputusan No 139 tahun 2021 tentang penetapan hasil penilaian kinerja layanan terpadu satu pintu dan kinerja percepatan pelayanan berusaha pemerintah daerah tahun anggaran 2021 tertanggal 27 Agustus 2021.

Disebutkan dalam SK tersebut, hasil penilaian kinerja PTSP dan kinerja PPB Pemerintah Kota, untuk Kota Gorontalo meraih nilai sangat baik 83,413. Dengan nilai ini, maka Kota Gorontalo masuk dalam 20 besar terbaik nasional.  

Kepala DPMPTSP Kota melalui Kabid Perizinan dan Non Perizinan Mohammad Fattah Maksum mengungkapkan, ada beberapa komponen yang menjadi penilaian, seperti SOP, sarana prasarana juga SDM, dan disinilah dilihat kesiapan dan kesediaannya .

Hal yang juga menjadi komponen penilaian dan mampu mengangkat nilai, disebutkan Fattah adalah metode aplikasi pelayanan yang sudah berbasis online.  “Pemanfaataan aplikasi cukup signifikan digunakan oleh pemohon perizinan di DPMPTSP Kota Gorontalo. Ada aplikasi Online Singel Submission (OSS) atau sistem perizinan berusaha dan SiCantik yaitu untuk permohonan perijinan dan non perijinan” jelas Fattah   

Dijelaskan Fattah ada setidaknya ada 135 jenis perijinan dan non perijinan, dan melalui system pelayanan berbasis aplikasi maka akan semakin memudahkan para pemohon mendapatkan bukti izin.

“dengan kemudahan, kedepannya diharapkan dapat menigkatkan kapasitas pelayanan. Sehingga akan terlaksana pelayanan permohonan dari rumah dan menerima bukti izin di rumah pula” kata Fattah. Hal ini juga diharapkan Fattah akan menarik minat investor untuk berinvestasi di Kota Gorontalo

Fattah juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat atas penilaian yang diberikan kepada Pemerintah Kota Gorontalo, dan dengan keberhasilan ini diharapkan mampu memberikan semangat untuk terus melakukan perbaikan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

©Copyright 2020 Portal Informasi Kota Gorontalo.