Kota Gorontalo Masuk Deretan Daerah Berhasil Laksanakan PPKM Skala Mikro

GORONTALO - Upaya serius Pemerintah Kota Gorontalo melakukan penanganan covid -19 di daerah menuai apresiasi dari pemerintah pusat.  

Apresiasi tersebut disampaikan oleh Kementerian Dalam Negeri RI melalui satuan kerja wilayah kepolisian daerah (Polda) di seluruh Indonesia atas keberhasilan melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Skala Mikro.

Kota Gorontalo merupakan keterwakilan pemerintah yang ada di provinsi Gorontalo, dengan menetapkan kecamatan dungingi sebagai satgas bekerja efektif melakukan penanganan covid -19 dan rasio kecukupan posko.

Walikota Gorontalo Marten Taha menyampaikan ungkapan terima kasihnya atas hasil penilaian tersebut.

"Sebetulnya, jauh sebelum program PPKM Skala Mikro ini dintruksikan, Pemerintah Kota Gorontalo sudah menjalankan program kelurahan tangguh covid -19 berkolaborasi dengan unsur TNI dan Polri, disetiap kecamatan," ujar Marten.

Sehingga kata Marten ketika program PPKM Skala Mikro ini mulai diberlakukan di semua provinsi, Kota Gorontalo sudah menerapkan lebih awal.

"Tidak hanya pemerintah daerah namun semua pihak terlibat menyukseskan program PPKM skala mikro. Didalamnya ada TNI, Polri hingga tingkat RT/RW.," ucap Marten. 

Ia mengatakan terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan untuk mendukung pelaksanaan PPKM di Kota Gorontalo.

Diantaranya melakukan tracing, tracking dan treatment bagi pasien terpapar, serta melakukan pengetatan aktivitas masyarakat khususnya diwilayah zona zona orange dan kuning.

"Disamping itu pemberian edukasi dan himbauan penerapan protokol kesehatan terus berjalan" jelas Marten. 

Bagi yang melakukan terpapar pemerintah mengintervensi berupa penyaluran bantuan sosial guna memenuhi kebutuhan selama isolasi mandiri.

"Sehingga bagi yang terpapar serta yang memiliki kontak erat dengan pasien, tidak perlu melakukan aktivitas diluar rumah karena kebutuhannya sudah dipenuhi pemerintah" pungkasnya.

Atas keberhasilan itu, akan menjadi motivasi pemerintah kota Gorontalo untuk mengoptimalkan upaya pengananan covid 19 di daerah.