Evaluasi Pengendalian Banjir Dipaparkan Walikota Dihadapan Jajaran Pemprov Gorontalo

Banjir merupakan bencana yang hampir setiap tahun melanda Kota Gorontalo, hal ini disebabkan kondisi beberapa wilayah tersebut berada dibantaran sungai. Oleh karena itu Pemerintah Kota Gorontalo melalui Balai Wilayah Sungai Sulawesi II Gorontalo sejak tahun 2013 sudah melakukan pengadaan pengendalian banjir normalisasi sungai bolango di Kota Gorontalo.

Dari total luasan rencana kebutuhan lapangan 14,6 hektare, realisasi luasan dari tahun 2013-2020 13,86 hektare, sekitar 95%. Dengan jumlah 784 bidang tanah. 

“ Dari tahun 2013-2020 masih ada sejumlah 23 sisa bidang tanah yang belum terbayarkan, yang disebabkan oleh sertifikat masih menjadi agunan di bank dan salah satu ahli waris yang berada diluar daerah“ jelas Marten Taha pada sambutannya, saat menerima kunjungan kerja Gubernur Gorontalo yang di wakili Sekda Provinsi dalam rangka evaluasi kegiatan pekerjaan pengendalian banjir normalisasi sungai bolango dan sungai bone di Kota Gorontalo. Selasa (21/09/2021), di Bandhayo Lo Yiladia.

Disampaing itu Ia mengatakan untuk tahun 2021 ini masih ada ketambahan sejumlah 27 bidang tanah yang belum terbayarkan yang masing-masing berada diwilayah kelurahan Biawao, keluarahan Biawu, kelurahan Donggala, kelurahan Siendeng dan kelurahan Tenda.

“Nah dengan total 50 bidang tanah ini diharapkan dalam waktu dekat dapat diselesaikan oleh pihak Balai Wilayah Sungai Sulawesi II, mengingat hal ini sudah lama ditunggu oleh masyarakat sekitar sungai bolango yang mengalami dampak normalisasi sungai bolango, “ kata Marten.

Disamping itu Marten Taha mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kepedulian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo terhadap masyarakat Kota Gorontalo, yaitu berupa upaya yang dilakukan oleh Pemprov melalui Balai Wilayah Sungai Sulawesi II Gorontalo di Kota Gorontalo.

“Saya atas nama Pemerintah Kota Gorontalo dan masyarakat mengucapkan terima kasih kepada bapak gubernur melalui Sekda Provinsi dalam rangka menanggulangi dampak banjir yang sering terjadi, Semoga di tahun-tahun kedepan kami dapat meminimalisasi banjir yang terjadi di Kota Gorontalo, “ tandas Marten. (K2)

©Copyright 2020 Portal Informasi Kota Gorontalo.